Sejarah Per-Film-an di Indonesia

KompasTV, Jakarta

Selamat ‘Hari Film Nasional.

  Era awal perfilman Indonesia ditandai dengan berdirinya bioskop pertama pada 5 Desember 1900, di Tanah Abang, dengan nama ‘Gambar Idoep’. Dan film pertama yg dibuat di Indonesia adalah film bisu tahun 1926, berjudul ‘Loetoeng Kasaroeng’.  

 

  Film Indonesia sempat surut pada tahun 1942-1949, karena dijadikan alat propaganda politik Jepang dan pemutaran film di bioskop dibatasi. Di tahun 1951, bioskop termegah dan terbesar saat itu diresmikan.  

  Bioskop tersebut bernama Metropole. Setelah Metropole, jumlah bioskop meningkat. Di tahun 1978 Sinepleks Jakarta Theater didirikan. Pada 1987, Studio 21 dibangun.

Namun, di era 90-an, perfilman Indonesia seperti mati suri dan hanya bisa memproduksi 2-3 film tiap tahunnya. Ada yang tahu kenapa, Kawan? Banyaknya film berbau seks, berkembangnya Tv swasta dan munculnya CD, LD, VCD jadi penunjang mati surinya film Indonesia di 90-an.

Hingga kemudian datanglah era bangkitnya perfilman nasional, ditandai dengan sejumlah judul seperti ‘Cinta Dalam Sepotong Roti’, ‘Petualangan Sherina’, dan ‘AADC’

Hingga saat ini, jumlah film Indonesia terus meningkat. Lalu bagaimana pendapat kamu tentang perfilman Indonesia sekarang, Kawan? #HariFilm

Sumber: at KompasTV

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s